Senin, 25 Mei 2009

Garis Besar Jawaban UAS


1. Puisi merupakan karya sastra dengan bahasa pilihan yang mempertimbangkan seleksi kata dan “pengucapan” secara tidak langsung. Perbedaan dengan genre lainnya berkaitan dengan struktur dan cara pengungkapan. Struktur puisi berkaitan dengan musikalitas, korespodensi, dan gaya bahasa. Cara pengungkapannya melalui tahap konsentrasi dan intensifikasi. Dunia cerpen adalah dunia naratif dan konstruktif sehingga tahap intensifikasi tekadang diabaikan, terbukti dengan adanya degresi. Sedangkan naskah drama dibangun dari dialog-dialog antarpemain dan baru “selesai” jika sudah dipentaskan.
2. Struktur puisi terdiri dari dua bagian, yaitu struktur lahir berupa musikalitas yang menyangkut pemilihan kata, persajakan, tipografi, dsb. Struktur batin berkaitan dengan rasa (feeling), nada (tone), amanat/tujuan (intention), dan pokok persoalan (sense).
3. Definisi kreativitas secara sederhana adalah menemukan hal-hal yang baru yang unik. Definisi tersebut dapat dipahami dari empat aspek, yaitu: pribadi, pendorong, proses, dan hasil (produk). Ada tujuh macam kreativitas (seven kinds of smart) yang dapat dimiliki manusia: verbal/linguistis, matematis/logis, spasial, musikal, kinestetis tubuh, intrapersonal, dan interpersonal. Tahapan kreativitas mencakupi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi.
4. Tiga unsur penting dalam menyusun karya tulis adalah ide/gagasan, penulis, dan sarana. Sarana bagi Irving Rosenthal dan Morton Yarmon adalah media penerbitan, sedangkan bagi Cleanth Brooks dan Robert Pen Warren sarana lebih berkaitan dengan unsur-unsur kebahasaan yang memiliki aturan/kaidah tertentu dalam pemakaiannya. Ide/gagasan oleh Brooks dan Warren desebut dengan pokok soal. Di samping itu, Brooks dan Warren memperkenalkan istilah occasion yang berkaitan dengan motivasi seseorang dalam menciptakan tulisan, yaitu sebagai sarana ekspresi atau menciptakan komunikasi (tata hubungan).
5. Simile adalah bahasa kiasan yang menyamakan satu hal dengan hal lainnya dengan menggunakan kata pembanding. Jika tidak menggunakan kata pembanding secara eksplisit disebut dengan metafora. Musikalitas dapat dijawab berkaitan dengan kemampuan memahami/memanipulasi konsep musik, nada, irama atau berupa salah satu strukstur puisi yang berkaitan dengan kemerduan/irama/nada puisi. Verifiksi merupakan tahapan terakhir kreativitas, berupa penyusunan ulang karya dengan tindakan pengeditan, penambahan, pengurungan atau kompilasi untuk perbaikan produk (karya tulis).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda